UJI CEMARAN BAKTERI Coliform PADA MINUMAN ES DAWET YANG BEREDAR DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG DENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN)

UJI CEMARAN BAKTERI Coliform PADA MINUMAN ES DAWET YANG BEREDAR DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG DENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN)

  • Iga Jelita Budiono universitas malahayati
  • Annisa Primadiamanti
  • Niken Feladita

Abstrak

Di Kecamatan Kedaton Bandar Lampung, terdapat beberapa pedagang es dawet yang menggunakan gerobak keliling maupun menetap.Bakteri Coliform merupakan kelompok bakteri indikator untuk menentukan kualitas air. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan uji bakteriologis pada es dawet yang beredar di kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Most Probable Number (MPN), dimana terdapat dua uji dalam metode Most Probable (MPN) tersebut, yaitu uji penduga yang menggunakan media Lactose Broth Single Strength (LBSS) dan Lactose Broth Double Strength (LBDS). Selanjutnya sampel positif dari hasil uji penduga dilanjutkan untuk uji penegasan, yang menggunakan media Brilliant Green Lactose Bile 5% Broth (BGLBB). Sampel diinokolum menggunakan jarum ose yang telah dipanaskan, kelima sampel dibeli saat hari penelitian. Penelitian dilakukan di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung. Dari hasil yang dilakukan terhadap kelima sampel es dawet tersebut didapatkan 100% sampel es dawet mengandung bakteri Coliform Dapat disimpulkan bahwa es dawet yang beredar di kecamatan Kedaton Bandar Lampung, terdapat bakteri Coliform melebihi ambang batas yang ditetapkan oleh Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan nomor HK.00.06.1.52.4011 batasan Coliform pada kelapa dan hasil olahannya yaitu 3 koloni/gram.

Diterbitkan
2018-02-23
##submission.howToCite##
BUDIONO, Iga Jelita; PRIMADIAMANTI, Annisa; FELADITA, Niken. UJI CEMARAN BAKTERI Coliform PADA MINUMAN ES DAWET YANG BEREDAR DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG DENGAN METODE MOST PROBABLE NUMBER (MPN). JURNAL FARMASI MALAHAYATI, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 37-43, peb. 2018. ISSN 2599-185X. Tersedia pada: <http://jurnalfarmasimalahayati.sch.id/index.php/jfm/article/view/10>. Tanggal Akses: 15 des. 2018
Bagian
Artikel